Di Lamasi, MUI Bahas Misi Islam yang Rahmatan Lil Alamin

admin . Berita Daerah 1113 No Comments

IMG_2178Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan Prof Dr HM Ghalib MA

LAMASI – Nabi Muhammad SAW menyampaikan Agama Islam di muka bumi ini dengan membawa misi kerahmatan dan misi kasih sayang. Kasih sayang islam adalah untuk seluruh alam.

“Kerahmatan bukan hanya terhadap sesama muslim. Tetapi, kerahmatan itu bahkan mencakup seluruh manusia, dunia flora (tumbuh-tumbuhan), dunia fauna (binatang). Jadi, kerahmatan sedemikian jauh,” kata Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan Prof Dr HM Ghalib MA saat bersafari Ramadan dihadapan warga LDII di Masjid Nurussalam, Desa Wiwitan, Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Minggu (28/6/2015).
Oleh karena misi islam adalah membawa kerahmatan, kata Ghalib, maka umat islam juga harus menebarkan kerahmatan itu.

Yang kedua, Ghalib melanjutkan, misi Nabi Muhammad adalah misi akhlakul karimah. Misi pembinaan akhlak mulia. “Dan ini dipraktekkan dengan sangat sempurna oleh Rasul untuk menjadi acuan kita. Beliau adalah manusia yang disapa dengan pribadi yang agung,” kata Ghalib dalam forum yang dihadiri camat dan kepala desa tersebut.

Ia bertutur, Indonesia saat ini sedang mengalami problem besar. Problem paling serius, kata Ghalib adalah problem moral. “Sudah banyak orang pintar. Tetapi, kita masih perlu berjuang secara sungguh-sungguh untuk melahirkan orang yang pintar diatas landasan aqidah tauhid dan kemudian berakhlakul karimah. Itu yang kita butuhkan dalam membangun bangsa ini,” kata Ghalib.

Sebab itu, kata Ghalib, disinilah relevansi mempelajari agama dan menjadikannya sebagai petunjuk hidup. Dengan menjadikan Alquran dan Alhadis sebagai pedoman, maka problem bangsa akan terjawab dengan sendirinya. “Jadikan Alquran dan Alhadis sebagai pedoman pribadi, keluarga, tetangga, dan masyarakat,” ajaknya.

Ghalib mengatakan, suatu bangsa dapat tetap eksis ketika bangsa itu masih berdiri tegak diatas landasan aklak yang mulia. “Kalau akhlak hancur, maka bangsa itu juga akan hancur,” tuturnya.

Dalam safari Ramadan 1436 Hijriah kali ini, ikut serta pengurus LDII Sulsel diantaranya, sekretaris Asdar Mattiro SSos, wakil ketua Drs Suyitno Widodo, Dr Sanusi Fattah SE MSi, Dr Edi Kurniadi MSi, Drs Renreng Tjolli dan beberapa pengurus harian lainnya. (IH)

Tags:

Trackback from your site.

Leave a comment